Ulas kegiatan IHT Projek Pelajar Pancasila P5 di Cibinong

 IHT PROFIL PELAJAR PANCASILA 

Praktik P5 SMA CITRA NUSA CIBINONG

Juli 11, 2024. Husnul Mulyani, kurikulum merdeka. Profil Pelajar Pancasila, IKM, P5, Praktik Baik, Projek Penguatan Profil pancasila. 

Pada bulan Juli, SMA Citra Nusa Cibinong melaksanakan IHT terkait kurikulum merdeka dan projek P5 bersama pengawas Kabupaten Bogor yaitu Bapak Abdul Syukur di Aula sekolah SMA Citra Nusa. 

Kegiatan IHT yang dilaksankan selama tiga hari berjalan dengan baik dan seru karena memuat berbagai praktik, ide, dan ulasan tentang kurikulum merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaram intrakulikuler yang beragam dengan konten yang optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dengan menguatkan kompetensi. 

Proses pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Dalam kurikulum terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar pancasila. 

Projek tidak bertujuan mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. 

Dalam implemantasi kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik salah satunya dalam projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). 

Profil pelajar pancasila memiliki tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan dimensi profil pelajar pancasila dengan cara sebagai berikut:

1. Mengeksplorasi ilmu pengetahuan 

2. Mengembangkan keterampilan 

3. Mempelajari tema secara mendalam 

4. Memberikan inovasi dalam gaya hidup berkelanjutan 

5. Mengembangkan isu, mental, budaya dalam bhinneka tunggal ika

6. Memberikan respon dalam aksi nyata suara demokrasi 

7. Memberikan alternatif baru dalam kewirausahaan 

8. Memberikan rekayasa baru dalam mengembangkan teknologi 

9. Menerapkan keberagaman dalam memperkaya kearifan lokal 

10. Memahami kesehatan mental dalam bangun jiwa dan raganya. 

Sebagai sekolah yang berada di Kabupaten Bogor, SMA Citra Nusa telah melaksanakan IKM selama tiga tahun sejak tahun 2022. 

Pada tahun pertama 2022/2023 pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila berkaitan dengan: Bangun Jiwa dan Raganya, Kearifan Lokal, dan Gaya Hidup berkelanjutan. 

Pada tahun kedua 2023/2024 terdiri dari Suara Demokrasi, Gaya Hidup berkelanjutan, dan Kewirausahaan. 

Pada tahun ke tiga 2024/2025 terdiri dari Bhinneka Tunggal Ika, Kearifan Lokal, dan Gaya hidup Berkelanjutan. 

Setiap tema diambil guru sebagai fasilitator dalam merancang dan tim pelaksana dalam projek dibantu dengan guru matapelajaran saat proses p5 berlangsung selama dua minggu dengan alokasi waktu 72 jp. 

Bagaimana merancang projek P5? 

Merancang projek p5 dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut: 

1. Menentukan topik yang akan diangkat 

2. Membuat tujuan tema P5

3. Menentukan dimensi yang akan dikembangkan 

4. Merancang alur P5

5. Membuat modul 

6. Menyiapkan rubrik penilaian 

7. Menentukan hasil penilaian dalam rapot pendidikan. 

Apa yang harus dilakukan saat membuat topik P5?

Pada kegiaan IHT (In House Training) pendidik dan tenaga sekolah membuat rancangan secara sederhana proposal kegiatan, mendiskusikan kebutuhan peserta didik, dan pemanfaatakan sumber daya yang ada. 

Bagaimana menentukan dimensi P5?

Melalui tema yang telah ditetapkan tim fasilitator dalam memilih dengan leluasa dimensi yang akan dikembangkan oleh sekolah. 

Dimensi dapat disesuaikan dengan rubrik penilaian yang akan dicapai selama proses P5. 

Apa saja alur projek P5? 

Projek P5 memiliki lima alur dalam prosesnya 

1. Tahap pengenalan ( pada tahap ini siswa mengenali konsep tema yang diambil) 

2. Tahap kontekstual ( siswa menumbuhkan konsep dengan melakukan eksplorasi sumber daya atau sumber bacaan agar memahami secara mendalam P5) 

3. Tahap perencanaan ( siswa mencari dan mengembangkan ide untuk melaksanakan aktifitas di sekolah) 

4. Tahap aksi ( siswa mengaplikasikan keterampilan dalam aksi nyata yang bermakna) 

5. Tahap refleksi dan tindak lanjut ( siswa melaksanakan refleksi, evaluasi, dan karya selama proses dilaksakan) 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulas kegiatan IHT Projek Pelajar Pancasila P5 di Cibinong "

Posting Komentar